8 Manfaat Berlatih Yoga: Dari Atasi Stres Hingga Sembuhkan Sakit

Gaya Hidup  
Manfaat Yoga 
Manfaat Yoga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup. Dengan berolahraga, sirkulasi darah lebih lancar, otot-otot tidak kaku, yang dengan sendirinya tubuh menjadi lebih bugar.

Ada banyak jenis pilihan olahraga yang tentunya bisa disesuaikan dengan minat dan kondisi setiap individu. Dari begitu banyak pilihan, yoga merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua kalangan, tanpa mengenal usia dan dalam kondisi kesehatan apa pun.

Menurut johnhopkinsmedicine.org, bahkan untuk mereka yang sedang menderita penyakit kronis atau tengah menjalani pemulihan pascaoperasi, bisa memilih yoga sebagai olahraga yang menunjang proses penyembuhan tubuh.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut adalah alasan kenapa kita perlu berlatih yoga.

1. Meningkatkan kelenturan hingga keseimbangan badan

Banyak orang yang enggan memulai yoga karena merasa tidak lentur. Padahal mereka yang tidak lentur justru harus berlatih yoga supaya otot-ototnya tidak kaku. Gambaran di sosial media yang menampilkan para yogi dengan pose-pose canggih memang sedikit mengintimidasi bagi kebanyakan orang awam. Tapi percayalah, yoga bukan sekedar pose canggih seperti headstand.

Gerakan lembut yoga yang disertai nafas panjang dan dalam, memperlancar peredaran darah serta membuat tubuh menjadi rileks. Penahanan pose yang dilakukan sambil bernafas, akan membantu menguatkan otot tubuh.

2. Membantu mengatasi sakit pinggang

Jika Anda sering merasa nyeri di tubuh bagian belakang, yoga adalah olahraga yang tepat. Ada banyak pose dalam yoga yang bisa meringankan gejala sakit pinggang. Contohnya, 'cat and cow pose atau 'downward facing dog'.

Pose-pose ini menargetkan tubuh bagian belakang sehingga menjadi terapi jika dilakukan teratur. The American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai terapi utama bagi penderita sakit pinggang kronis.

3. Memperbaiki Postur Tubuh....

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image