AI Jadi Ancaman Menakutkan Jurnalisme dan Media

Teknologi  
Kecerdasan buatan atau AI kini menjadi ancaman besar media dan jurnalisme di dunia.
Kecerdasan buatan atau AI kini menjadi ancaman besar media dan jurnalisme di dunia.

JOURON -- Para eksekutif media dan akademisi memberikan kesaksian di hadapan Subkomite Kehakiman Senat untuk Privasi, Teknologi, dan Hukum Amerika Serita (AS) tentang bagaimana AI atau kecerdasan buatan berkontribusi terhadap penurunan besar jurnalisme yang dipicu oleh teknologi.

Mereka membahas masalah kekayaan intelektual yang timbul dari pelatihan model AI yang dilakukan pada pekerjaan jurnalis. Juga, menyampaikan kekhawatiran tentang meningkatnya bahaya misinformasi yang didukung AI.

“Munculnya teknologi besar secara langsung bertanggung jawab atas penurunan berita lokal,” kata Senator Richard Blumenthal, anggota Partai Demokrat dari Connecticut dan ketua subkomite.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Pertama, Meta, Google, dan OpenAI menggunakan kerja keras surat kabar dan penulis untuk melatih model AI mereka tanpa kompensasi atau kredit. Yang lebih parah lagi, model-model tersebut kemudian digunakan untuk bersaing dengan surat kabar dan lembaga penyiaran, sehingga mengkanibalisasi jumlah pembaca dan pendapatan dari lembaga-lembaga jurnalistik yang menghasilkan konten tersebut."

Perusahaan teknologi dan industri berita telah mengalami konflik sejak munculnya platform digital lebih dari satu dekade lalu, yang mengakibatkan platform teknologi mendapat keuntungan karena banyak organisasi berita yang gulung tikar.

Para peneliti di Medill School of Journalism, Media, Integrated Marketing Communications di Northwestern University menemukan bahwa AS telah kehilangan hampir sepertiga surat kabar dan hampir dua pertiga jurnalis surat kabar sejak 2005.

Negara-negara di seluruh dunia mulai mengambil tindakan untuk memaksa teknologi besar mendukung industri jurnalisme lokal mereka. Pada Juni 2023, Kanada mengesahkan undang-undang yang mewajibkan perusahaan teknologi membayar outlet berita untuk konten apa pun yang ditampilkan di platform mereka.

Australia sebelumnya mengesahkan undang-undang serupa pada tahun 2021. Di AS, undang-undang serupa telah diusulkan oleh Senator Amy Klobuchar, seorang Demokrat dari Minnesota, dan John Kennedy, seorang Republikan dari Louisiana, keduanya merupakan anggota Subkomite Privasi, Teknologi, dan Hukum.

“Selama beberapa tahun terakhir, terdapat studi, investigasi, dan litigasi yang tak terhitung jumlahnya oleh DOJ dan FTC dalam dua pemerintahan terakhir yang menemukan perilaku anti-persaingan yang dilakukan oleh distributor monopoli konten berita,” Danielle Coffey, presiden dan CEO dari asosiasi perdagangan News Media Alliance, mengatakan pada sidang tersebut.

“Ketidakseimbangan pasar ini hanya akan diperburuk oleh AI generatif.”

Pertarungan hak cipta AI versus Media

Sistem AI generatif yang mampu menghasilkan teks, gambar, atau media lainnya dilatih pada data dalam jumlah besar. Untuk mengamankan akses terhadap data teks berkualitas tinggi, pengembang AI terkemuka OpenAI telah bermitra dengan Associated Press, sebuah kantor berita nirlaba yang berbasis di AS, untuk mendapatkan akses ke sebagian arsip AP sebagai imbalan atas penggunaan produk OpenAI.

OpenAI memiliki kemitraan serupa dengan Axel Springer, sebuah perusahaan media multinasional Jerman, di mana ChatGPT akan merangkum artikel-artikel dari outlet berita milik Axel Springer dan menyediakan tautan dan atribusi.

Namun tidak semua outlet berita mencapai kesepakatan serupa. Pada 27 Desember 2023, New York Times menggugat OpenAI dan investor serta mitra utamanya, Microsoft. Gugatan tersebut menyatakan bahwa model OpenAI dilatih di New York Times dan menawarkan produk pesaing, sehingga menyebabkan “kerugian hukum dan kerugian aktual senilai miliaran dolar.”

OpenAI menanggapinya dengan postingan blog pada 8 Januari 2024, yang menentang klaim hukum Times dan mencatat berbagai tindakan yang telah diambil untuk mendukung ekosistem berita kesehatan.

Namun, Curtis LeGeyt, presiden dan CEO asosiasi perdagangan National Association of Broadcasters, mengatakan pembicaraan tentang undang-undang tersebut “terlalu dini,” dan berpendapat bahwa perlindungan hak cipta saat ini harus diterapkan.

LeGeyt juga memperingatkan para Senator tentang bahaya misinformasi yang dihasilkan AI terhadap jurnalisme.

“Penggunaan AI untuk memalsukan, memanipulasi, atau menyalahgunakan kemiripan dengan tokoh radio atau televisi tepercaya berisiko menyebarkan informasi yang salah, atau bahkan melanggengkan penipuan,” katanya.

LeGeyt juga memperingatkan peningkatan beban pada redaksi yang harus memeriksa konten untuk menentukan apakah konten tersebut asli dan akurat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image