7 Fakta Digital Indonesia: Bikin Miris dan Deg-degan!

Teknologi  

Ketujuh, Indonesia adalah mesin utama pertumbuhan ekonomi digital kawasan.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi digital paling pesat di Asia Tenggara.

Nilai ekonomi digital RI diproyeksikan memiliki gross merchandise value (GMV) senilai 146 miliar dollar AS atau setara Rp 2.139 triliun pada tahun 2025 mendatang. Saat Ini 70 miliar dolar, 400 T di ecommerce saja.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adakah Kedaulatan Digital?

Dari uraian ini dapat kita tegaskan bahwa kedaulatan digital menjadi sangat penting untuk ditegakkan di Indonesia.

Kedaulatan digital mengacu pada kemampuan suatu negara dan warganya untuk memegang kendali atas data dan aktivitasnya di dunia digital.

Ada tiga hal penting yang menjadi concern kita di sini terkait kedaulatan digital dan dampaknya:

Pertama, Kedaulatan digital berkaitan langsung dengan isu keamanan nasional. Kuasa penuh atas data, trafik, dan konten harus kita pegang.

China membuat aturan superketat soal ini. Sulit untuk mengakses OTT asal luar di sana. China menganggap kebebasan digital lebih banyak membawa mudharat daripada manfaatnya. Isu keamanan nasional menjadi concern.

Keamanan di sini menyangkut data-data individu, korporasi, dan negara. Juga menyangkut keamanan trafik dan nilai-nilai konten yang beredar.

Data sensitif seperti data pribadi, data keuangan, data perusahaan, data negara, dan data-data lainnya harus mendapar perlindungan khusus.

Keamanan digital juga mencakup kemampuan kita menyiapkan pusat data, server-server besar dengan kualitas tinggi, hingga akses dan kecepatan trafik internet yang bisa dijangkau di semua wilayah Indonesia.

Kedua, Kedaulatan digital merupakan faktor kunci dalam melindungi pertumbuhan ekonomi negara. Data-data ekonomi harus kita manfaatkan.

Jika asing menguasai data-data ini dan memanfaatkannya, maka kita hanya menjadi penonton saja. Hal ini bisa mengakibatkan perusahaan-perusahaan besar dari luar negeri bersaing langsung dengan para pengusaha lokal yang lebih kecil.

Data adalah power. Mereka yang menguasai data dan menggunakannya dengan tepat, dia akan jadi penguasa digital.

Ketiga, saat ini kita sedang on the way menguatkan kedaulatan digital. Pusat data diperbanyak, sistem komunikasi kabel laut ditambah denga adanya jalur Manado oleh Telkom, PSE dibuat, sumber daya manusia digital diperkuat.

Dari Presiden Jokowi, Menkominfo, Menteri BUMN, hingga swasta sedang menyiapkan SDM digital mumpuni.

Sudah saatnya Indonesia menyiapkan road map menuju daulat digital. Indonesia harus menjadi bangsa mandiri dalam dunia digital.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image