Tips AI: Ini Cara Praktis dan Mudah Menggunakan ChatGPT

Teknologi  
Mesin kecerdasan buatan atau AI ChatGPT milik OpenAI.
Mesin kecerdasan buatan atau AI ChatGPT milik OpenAI.

JOURON -- Tidak sulit untuk menggunakan mesin kecerdasan buatan atau AI seperti ChatGPT. ChatGPT ini seperti aplikasi lain yang memberikan fitur-fitur terang benderang yang memudahkan pengguna.

ChatGPT OpenAI meluncurkan gerakan kecerdasan buatan (AI) ketika diluncurkan musim gugur lalu. Sejak saat ChatGPT diluncurkan, chatbot AI telah mendominasi berita utama dan menyibukkan pikiran para eksekutif yang menjalankan Twitter, Google, Amazon, Microsoft, dan Meta.

Hal ini menginspirasi mereka untuk membuat proyek AI generatif mereka sendiri. Gelombang baru alat AI telah menggemparkan dunia dan memberi kita visi tentang cara baru dalam bekerja dan menemukan informasi yang dapat menyederhanakan pekerjaan dan kehidupan kita.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

ChatGPT sangat populer dan berkinerja tinggi sehingga beberapa orang bertanya-tanya apakah chatbot AI dapat menggantikan programmer, penulis, dan bahkan dokter. Yang lain memikirkan bagaimana hal ini dapat merevolusi industri yang berbeda.

Cara menggunakan ChatGPT

1. Buka chat.openai.com dan login atau daftar.

Mulailah dengan membuka chat.openai.com lalu gunakan alamat email atau akun Google atau Microsoft untuk mendaftar. Anda perlu membuat akun di situs OpenAI untuk masuk dan mengakses ChatGPT, tetapi gratis.

Jika Anda belum pernah membuat akun, klik 'Daftar' dan ikuti petunjuk untuk memasukkan informasi Anda. OpenAI memang memerlukan nomor telepon yang valid untuk verifikasi untuk membuat akun di situsnya.

2. Terima diclaimer dari ChatGPT

Selanjutnya, Anda mungkin melihat beberapa disclaimer sebelum Anda dapat mengobrol dengan chatbot AI. Baca dan terima mereka satu per satu untuk masuk ke obrolan.

3. Pelajari cara menggunakan ChatGPT

Setelah Anda masuk ke akun OpenAI Anda di sisi ChatGPT situs web, sekarang saatnya mengenal jendela alat AI.

Berikut rincian dari apa yang akan Anda lihat, dengan gambar di bawah ini sebagai contoh:

Tombol obrolan baru & sembunyikan:

Di sisi kiri layar, Anda akan melihat tombol 'Obrolan baru' yang dapat Anda klik untuk memulai percakapan baru kapan saja. ChatGPT mengingat apa yang dibahas sebelumnya dalam percakapan dan akan merespons dengan konteks, sehingga memulai obrolan baru akan menciptakan diskusi baru tanpa konteks.

Riwayat obrolan:

Fitur sisi kiri juga membuat semua percakapan Anda sebelumnya dapat diakses jika Anda perlu kembali ke percakapan tersebut, meskipun ada opsi untuk mematikan riwayat obrolan.

Di sini, Anda dapat mengedit judul setiap obrolan, membagikan riwayat obrolan Anda dengan orang lain, atau menghapusnya.

Akun: Mengklik nama Anda di kiri bawah layar akan memberi Anda akses ke informasi akun Anda, termasuk pengaturan, opsi untuk keluar, mendapatkan bantuan, dan mengakses FAQ dari OpenAI. Jika Anda tidak memiliki ChatGPT Plus, Anda akan melihat tombol Tingkatkan di sini untuk mendaftar.

Perintah Anda:

Pertanyaan atau perintah yang Anda kirimkan ke chatbot AI muncul di tengah jendela obrolan dengan foto akun atau inisial Anda di sebelah kiri.

Tanggapan ChatGPT:

Setiap kali ChatGPT merespons pertanyaan Anda, logo akan muncul di sebelah kiri. Tombol Salin, Tidak Suka, dan Tidak Suka muncul di sebelah kanan setiap tanggapan.

Anda dapat menyalin teks ke papan klip untuk menempelkannya di tempat lain dan memberikan umpan balik mengenai apakah responsnya akurat. Proses ini membantu menyempurnakan alat AI.

Buat ulang respons:

Jika Anda kesulitan mendapatkan respons dalam obrolan atau tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, Anda dapat mengklik 'Buat ulang respons' untuk meminta ChatGPT mencoba lagi dengan balasan baru untuk permintaan terbaru.

Area teks:

Ini adalah bagian di mana Anda memasukkan perintah dan pertanyaan Anda.

Versi ChatGPT:

OpenAI menyertakan beberapa cetakan kecil di bawah area input teks, tempat Anda dapat membaca disclaimer bahwa "ChatGPT dapat membuat kesalahan. Pertimbangkan untuk memeriksa informasi penting."

Bagian ini digunakan untuk menunjukkan versi model ChatGPT yang sedang digunakan, namun versi ini telah dihentikan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image