Apa Itu ChatGPT yang Mendadak Mengancam Eksistensi Google cs?

Teknologi  
ChatGPT
ChatGPT

ChatGPT bikin geger dunia teknologi dan kecerdasan buatan (AI). Kehadiran ChatGPT mendapat sambutan luar biasa riuh dan bahkan sampai sekelas Elon Musk minta program ini dihentikan sementara.

ChatGPT adalah chatbot gratis yang dirilis pada November 2022 oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset AI. Chatbots merupakan sistem AI dalam bentuk dialog lisan (bicara) atau tertulis, dan pada umumnya merupakan asisten virtual seperti Siri atau Alexa.

ChatGPT berbeda dari chatbot lain. ChatGPT memiliki proses pembelajaran penguatan berasal dari model umpan balik manusia, yang memungkinkannya menghasilkan bahasa alami, memahami dengan cepat saat melakukan kesalahan, dan banyak lagi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Versi gratis ChatGPT tersedia di situs web OpenAI, dan perusahaan menjual langsung pemrograman kepada organisasi/korporasi yang ingin memasukkan ChatGPT ke dalam penawaran mereka yang sudah ada.

Perusahaan mengumumkan pada Februari 2023 bahwa mereka akan meluncurkan model langganan berbayar dari program tersebut.

Apa itu ChatGPT?

Sederhananya, ChatGPT adalah model AI yang terlibat dalam dialog percakapan. Ini adalah contoh chatbot, mirip dengan layanan obrolan otomatis yang ditemukan di situs web layanan pelanggan beberapa perusahaan.

ChatGPT ini dikembangkan oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset teknologi yang didedikasikan untuk memastikan bahwa kecerdasan buatan bermanfaat bagi seluruh umat manusia. "GPT" di ChatGPT mengacu pada "Transformer Pra-pelatihan Generatif/Generative Pra-trained Transformer" mengacu pada cara ChatGPT memproses bahasa.

Model ini dilatih menggunakan Reinforcement Learning from Human Feedback (RLHF), menggunakan metode yang sama seperti InstructGPT, tetapi dengan sedikit perbedaan dalam penyiapan pengumpulan data.

Yang membedakan ChatGPT dari chatbots selama beberapa dekade terakhir adalah bahwa ChatGPT dilatih menggunakan pembelajaran penguatan dari umpan balik manusia (RLHF).

RLHF melibatkan penggunaan pelatih AI manusia dan model hadiah untuk mengembangkan ChatGPT menjadi bot yang mampu menantang asumsi yang salah, menjawab pertanyaan lanjutan, dan mengakui kesalahan.

ChatGPT adalah model saudara dari InstructGPT, yang dilatih untuk mengikuti instruksi secara cepat dan memberikan respons mendetail.

Metode Kerja ChatGPT

ChatGPT dilatih menggunakan penyetelan halus yang diawasi: pelatih AI manusia menyediakan percakapan di mana mereka berada di kedua sisi—pengguna dan asisten AI.

ChatGPT memberi pelatih akses ke saran yang ditulis model untuk membantu mereka menyusun respons. ChatGPT menggabungkan kumpulan data dialog baru ini dengan kumpulan data InstructGPT, yang kami ubah menjadi format dialog.

Untuk membuat model untuk pembelajaran penguatan, ChatGPT mengumpulkan data perbandingan, yang terdiri dari dua atau lebih respons model yang diberi peringkat berdasarkan kualitas.

Untuk mengumpulkan data ini, mereka melakukan percakapan antara pelatih AI dengan chatbot. CbhatGPT secara acak memilih pesan yang ditulis model, mengambil sampel beberapa penyelesaian alternatif, dan meminta pelatih AI memeringkatnya.

Dengan menggunakan model hadiah ini, ChatGPT dapat menyempurnakan model menggunakan Pengoptimalan Kebijakan Proksimal. Kami melakukan beberapa iterasi dari proses ini.

BACA JUGA: Mengapa Elon Musk dan Para Ahli Mendesak Proyek ChatGPT dan Kecerdasan Buatan (AI) Dihentikan Sementara?

BACA JUGA: Ini Bahaya Download GBWA, Bestie!

BACA JUGA: 7 Fakta Digital Indonesia, Bikin Miris!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image