Mengapa Dana Pensiun Harus Kita Siapkan Sejak Muda dan Produktif?

Uang  
Dana Pensiun: Program dana pensiun menjadi sangat penting bagi kamu yang ingin mandiri secara finansial di usia tua.
Dana Pensiun: Program dana pensiun menjadi sangat penting bagi kamu yang ingin mandiri secara finansial di usia tua.

Mandiri finansial menjadi sangat penting bagi kamu yang sudah berusia produktif hingga mereka yang pensiun.

Jadi, merdeka finansial tidak hanya menjadi ranah anak-anak muda dan mereka yang masih produktif, tetapi juga buat mereka yang akan dan sudah pensiun.

Memang, di Indonesia terutama ada budaya anak-anak harus membiayai hidup orang tua mereka di kala tua. Ini tradisi bagus.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Namun itu tidak menghalangi orang-orang tua yang pensiun untuk mandiri secara finansial, karena mereka juga memiliki kebutuhan banyak.

Pertanyaannya: mengapa hidup mandiri secara finansial di masa tua itu penting? Berikut adalah alasan pentingnya kita harus mandiri secara finansial di masa tua seperti dikutip dari laman Sikapiuangmu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pertama, usia produktif ada batasnya

Setiap perusahaan atau lembaga memiliki batas usia pensiun. Di Indonesia umumnya batas usia pensiun ada di 55 atau 60 tahun. Konsekuensi dari hal ini adalah tidak lagi produktif bekerja dan tidak menerima penghasilan tetap seperti saat masih bekerja.

Kedua, Usia bertambah, kebutuhan hidup juga cenderung meningkat

Saat memasuki masa tua, kita sudah tidak lagi produktif untuk bekerja, namun kebutuhan hidup masih tetap harus dipenuhi. Bahkan kebutuhan ini bisa saja meningkat karena menghadapi risiko sakit akibat kondisi fisik menurun atau kerusakan rumah karena sudah termakan usia.

Ketiga, agar tidak menciptakan generasi sandwich

Generasi sandwich adalah generasi yang harus menanggung beban ekonomi dari generasi sebelumnya (orang tua), dan generasi selanjutnya (anak).

Jika kamu tidak mandiri secara finansial, di masa tua nanti kamu akan bergantung pada anak yang mengakibatkan timbulnya generasi sandwich.

Keempat, jangan sampai mewarisi utang

Jika kamu tidak mandiri secara finansial, dan memutuskan berutang untuk membiayai kebutuhan hidup namun tidak diiringi dengan kemampuan bayar, maka hal ini dapat menyebabkan anak akan menerima warisan utang dari orang tua.

Kelima, menikmati hidup

Ini yang tidak kalah penting bahwa tujuan akhir kita ketika pensiun adalah menikmati hidup. Masa pensiun merupakan waktu di mana kita dapat melakukan hal yang sebelumnya tidak sering dilakukan semasa aktif bekerja.

Karena itu sejak dini kamu semua harus menyiapkan program dana pensiun agar di masa tua bisa mandiri secara finansial.

Ada banyak jenis ada pensiun yang tersedia. Bahkan, program-program pensiun pun bisa kamu modifikasi dari berbagai instrumen investasi yang ada.

ARTIKEL LAIN: Tiga Alasan Mengapa OJK Larang Transaksi Kripto dan NFT di Lembaga Keuangan Indonesia

ARTIKEL LAIN: Tujuh Keuntungan Investasi di Reksa Dana, Salah Satunya Dana Cekak Bukan Hambatan!

ARTIKEL LAIN: APA Itu Metaverse Buatan Mark Zuckerberg?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image