BookBuilding Diperpanjang, Begini Cara Pesan Saham GoTo

Uang  
PT GoTo Gojek Tokopedia resmi memperpanjang program saham gotong royong hingga Kamis (24/3/2022).
PT GoTo Gojek Tokopedia resmi memperpanjang program saham gotong royong hingga Kamis (24/3/2022).

JAKARTA -- PT GoTo Gojek Tokopedia resmi memperpanjang program saham gotong royong hingga Kamis (24/3/2022). Perpanjangan ini bersamaan dengan perpanjangan masa penawaran awal atau bookbuilding dari Initial Public Offering (IPO) GoTo.

Perpanjangan Program Saham Gotong Royong dilakukan untuk memberikan waktu tambahan bagi pelanggan yang belum menyelesaikan pemesanan saham GoTo. Program ini ditujukan bagi para pelanggan loyal Gojek dan Tokopedia yang ingin mengikuti IPO GoTo dengan skema fix allotment.

Patut dicatat, tidak semua pelanggan Gojek dan Tokopedia menerima undangan untuk mengikuti program ini. Bagi anda yang sudah mendapatkan informasi untuk mengikuti program ini, berikut ini syarat dan langkah-langkah yang harus dilakukan:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Buka rekening sekuritas dan rekening dana nasabah

Seluruh investor saham diwajibkan untuk membuka rekening saham dan rekening

dana nasabah untuk bertransaksi jual beli saham. Rekening saham atau dikenal sebagai sub rekening efek adalah jenis rekening yang dibutuhkan bagi investor untuk bisa melakukan kegiatan jual-beli saham. Rekening saham dikelola oleh perusahaan sekuritas atau broker dan dicatatkan di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Sementara itu rekening dana nasabah atau rekening dana investor, merupakan rekening khusus yang digunakan untuk pembayaran dan penerimaan hasil penjualan saham ataupun efek lainnya. RDN dikelola oleh bank sehingga terpisah dari rekening saham yang dikelola oleh broker.

Dalam program ini, GoTo bekerja sama dengan tiga sekuritas, yakni Indo Premier Sekuritas, Trimegah Sekuritas Indonesia, dan Nilai Inti Sekuritas. Proses pembukaan ketiga rekening bisa dilakukan secara online melalui smartphone. Jangan lupa juga untuk membuka RDN dari bank yang bekerja sama dengan sekuritas tersebut.

Setelah semua pendaftaran selesai dilakukan, tinggal menunggu informasi bahwa rekening saham dan RDN anda telah aktif. Bagi anda yang telah memiliki rekening sekuritas di salah satu mitra Program Saham Gotong Royong, tahapan ini bisa dilewati.

2. Pembuatan akun e-ipo.co.id

Setelah rekening saham aktif, maka anda diminta untuk menyetorkan sejumlah dana untuk membeli saham GoTo. Misalkan anda mendapatkan alokasi saham senilai Rp 15 juta dan berkeinginan untuk membeli semuanya, maka anda bisa mentransfer dana Rp 15 juta ke RDN.

Setelah itu, anda diminta melakukan pembukaan akun di e-ipo.co.id. Website atau laman ini adalah sistem yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk penawaran umum saham (IPO) secara elektronik. Sebelumnya, pemesanan IPO dilakukan melalui broker baik lewat email maupun channel lainnya.

Proses pembuatan akun bisa dilakukan hanya dalam hitungan menit dengan mengikuti sejumlah tahapan sesuai instruksi.

3. Pemesanan saham GoTo

Setelah akun berhasil dibuat, anda bisa melakukan pemesanan saham di e-ipo. Caranya login kembali ke akun anda di e-ipo.co.id. Ada beberapa pilihan perusahaan yang sedang menggelar IPO, lalu pilih GoTo.

Sebelum melanjutkan prosesnya, anda diminta membaca informasi terkait saham GoTo dengan seksama. Jangan lupa baca juga prospektus GoTo. Bila anda kurang paham, silahkan bertanya ke broker ataupun kolega anda yang paham mengenai dunia saham.

Berikutnya, pilih pesan dan pilih broker. Masukkan harga dan jumlah lot yang diinginkan. Pastikan jumlah harga yang dimasukkan sudah sesuai dengan rentang harga IPO GoTo, yakni Rp 316 hingga Rp 346 per saham. Teliti kembali data yang diisi sudah benar, lalu klik simpan pesanan anda.

Sebagai informasi, sebaiknya dana dalam RDN anda jangan ditarik sebelum proses IPO selesai. Bila pemesanan anda sukses, maka dana di RDN akan didebet oleh sekuritas. Proses ini membutuhkan waktu beberapa hari hingga penjatahan saham selesai dilakukan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image