Apa Arti Simbol 'Z' dalam Perang Rusia-Ukraina?

Teknologi  
Simbol Z di satu sudut kota di Rusia yang mengaitkan ini dengan invasi Rusia ke Ukraina.
Simbol Z di satu sudut kota di Rusia yang mengaitkan ini dengan invasi Rusia ke Ukraina.

Simbol 'Z' kini identik dengan bentuk dukungan terhadap aksi militer yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina. Simbol 'Z' bisa ditemui dengan jelas pada kendaraan militer tentara Rusia. Tak ketinggalan para politisi Rusia dan aktivis pro perang ikut mengenakan pakaian dengan simbol 'Z' untuk mendukung dukungan terhadap kebijakan presiden Vladimir Putin.

Sebelumnya, pesenam Rusia Ivan Kuliak bahkan secara terang-terangan mengenakan pakaian dengan simbol 'Z' saat naik ke podium untuk penyerahan medali. Kuliak meraih medali perunggu dalam gelaran Piala Dunia tersebut, sementara medali emas diraih pesenam Ukraina, Illia Kovtun.

Tidak bisa dipungkiri, tindakan Kuliak telah menarik perhatian dunia terhadap simbol 'Z'. Akibat tindakan ini, Federasi Senam Internasional (FIG) menganggap Kuliak melakukan tindakan indisipliner. Ia terancam sanksi tidak bisa bertanding di kejuaraan resmi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pesenam berusia 20 tahun tersebut mengaku tidak menyesali tindakannya mengingat makna dari simbol 'Z' sendiri adalah kemenangan. ''Jika ada kesempatan kedua dan saya harus memilih apakah akan keluar dengan huruf 'Z' di dada saya atau tidak, saya akan melakukan hal yang sama,'' tegasnya.

Benarkah arti dari simbol 'Z'adalah kemenangan?

Huruf Z' sendiri ternyata tidak ada dalam alfabet Rusia, Cyrillic. Walau begitu, banyak kalangan yang menganggap simbol 'Z' diambil dari 'sebuah kata dalam bahasa Rusia yaitu 'Za pobedy yang berarti ''kemenangan. Ada juga kata 'Zapad' yang berarti 'barat'. Pilihan kata yang pertama tentunya lebih relevan.

Awalnya simbol ini hanya ditemui pada kendaraan militer Rusia, berupa huruf 'Z' berwarna putih dengan gaya coretan kuas. Tujuan awal penggunaan simbol 'Z' adalah untuk mengidentifikasi kendaraan militer Rusia mengingat ada kesamaan model antara beberapa jenis kendaraan militer Rusia dan Ukraina.

Simbol Z bisa ditemui di mana saja di Rusia termasuk dipakai atlet Rusia.
Simbol Z bisa ditemui di mana saja di Rusia termasuk dipakai atlet Rusia.

Kini, penggunaan simbol tersebut sudah meluas ke luar zona perang. Butuh waktu kurang dari dua minggu bagi simbol 'Z' untuk menyebar luas di Rusia.

Simbol 'Z' bisa ditemui di kendaraan pribadi, tempat pemberhentian bis dan papan iklan di jalanan. Para aktivis pro perang menggunakan simbol 'Z' sebagai sikap politik mereka saat menggelar aksi unjuk rasa. Di sosial media, selebgram Maria Butina terlihat mengenakan kaos hitam dengan simbol 'Z' putih sebagai foto profilnya.

Tidak bisa dipungkiri, simbol baru ini telah menjadi simbol ideologi dan identitas nasional Rusia yang baru. Beberapa media barat mengkritik penggunaan simbol 'Z' sebagai bentuk baru dari swastika yang digunakan Nazi Herman pada Perang Dunia Kedua.

Benarkah demikian?

Pemerintah Rusia sendiri sudah menyatakan bahwa simbol 'Z' berarti úntuk kemenangan'', úntuk perdamaian' dan úntuk kebenaran'. Semua kata tersebut diawali dengan simbol Z dalam bahasa Rusia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image