Jalan-Jalan di Ruang Terbuka Masuk Jadi Daftar Obat Yang Diresepkan Dokter di Kanada

Teknologi  
Jalan-jalan di ruang terbuka dan alam menjadi resep obat dokter di Kanada.
Jalan-jalan di ruang terbuka dan alam menjadi resep obat dokter di Kanada.

Bayangkan Anda pergi berobat ke dokter. Lalu ketika mendapatkan resep, ternyata ini yang ditulis dokter: 'Jalan kaki di taman di bawah sinar matahari pagi, setiap hari selama 20 menit'. Bagaimana perasaan Anda? Mungkin kesal ya. Namanya orang sakit, pasti berharap diresepkan obat pil atau vitamin supaya sembuh. Lah, ini malah disuruh berjemur sambil jalan kaki.

Tapi justru ini yang terjadi di Kanada. Dokter Kanada tidak lagi hanya menuliskan daftar obat-obatan kimia dalam resep. Kini mereka juga menulis 'jalan-jalan di alam' sebagai resep untuk pengobatan pasiennya.

Program ini dirintis oleh para dokter bekerjasama dengan Parks Canada, lembaga yang mengelola 38 taman nasional dan sepuluh cagar alam nasional. Program PaRx, demikian sebutannya, bertujuan agar pasien dapat menikmati manfaat kesehatan dari alam.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam program PaRx, dokter menulis resep yang isinya mengharuskan pasien beraktivitas di alam setidaknya selama dua jam per minggu. ''Ini adalah rekomendasi yang didasarkan penelitian terbaru bahwa pasien perlu menghabiskan setidaknya dua jam seminggu di alam dan setidaknya 20 menit setiap kali,'' kata Dr. Melissa Lem, dokter keluarga dan Direktur PaRx, kepada GlobalNews.ca.

Program PaRx bertujuan membantu mengatasi masalah kesehatan mental dan fisik serta mendorong orang untuk lebih banyak berolahraga di luar ruangan. PaRx pertama kali diluncurkan oleh BC Parks Foundation di British Columbia November lalu dan hampir 1.000 tenaga kesehatan telah mendaftar untuk program tersebut. Setelah terdaftar, mereka mendapatkan kode penyedia dan informasi tentang cara meresepkan dan mencatat resep. Pasien biasanya akan diberi resep dua jam waktu di alam selama seminggu, yang akan dikotakkan per 20 menit.

Anna Cooper Reed, pekerja sosial dan mahasiswa doktoral yang mendukung program PaRx, mengatakan bahwa dia tahu secara langsung manfaat menghabiskan waktu di luar ruangan karena dirinya tumbuh besar dengan pola hidup yang dekat dengan alam.

Untuk bisa menjalankan resep ini, pasien tidak harus pergi ke hutan untuk melakukan aktivitas berat seperti hiking. Mereka bisa pergi ke sungai atau ke taman terdekat. Beraktivitas ringan atau mungkin hanya duduk di bangku di tepi sungai atau di taman kecil di pusat kota.

Selama bertahun-tahun para dokter telah membahas kemampuan penyembuhan oleh alam. Pada tahun 2006, sekelompok dokter di Albuquerque, New Mexico meluncurkan program resep alam yang pertama. Kini program tersebut sudah mulai dijalankan oleh para dokter yang berada di wilayah British Columbia, Ontario, Saskatchewan dan Manitoba.

Merekomendasikan aktivitas di luar ruangan merupakan pendekatan medis terkini untuk meningkatkan kondisi kesehatan fisik maupuh mental pasien. Aktivitas ini baik untuk penderita penyakit seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, kecemasan, hingga depresi. Ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan di alam sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Vitamin D dari sinar matahari meningkatkan serotonin dan menghasilkan suasana hati yang lebih baik. Penelitian menunjukkan paparan vitamin D dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur.

''Alam itu baik untuk tubuh, itu semua orang tahu. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata hasil riset menunjukkan bahwa (interaksi dengan alam) itu benar-benar mengubah banyak hal dalam tubuh kita, seperti biokimia tubuh dan kimia otak kita dengan cara yang positif,'' jelas psikolog Joti Samra seperti dikutip The Weather Network pada 2019.

Benar juga sih. Sepertinya dokter-dokter di sini harus juga memulai pendekatan yang lebih holistik dalam menyembuhkan pasien. Apalagi pesona alam Indonesia sangat indah, cocok untuk sekali buat yang mau healing.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image