Mengapa Peringkat Kekayaan Mark Zuckerberg Turun Hanya dalam Sehari?

Teknologi  
Metaverse yang dikuasai Meta milik Mark Zuckerberg mengalami penurunan saham
Metaverse yang dikuasai Meta milik Mark Zuckerberg mengalami penurunan saham

Kekayaan boss Meta Mark Zuckerberg turun 31 miliar dolar AS atau sekitar Rp 445 triliun hanya dalam waktu satu hari. Hal ini terjadi setelah saham Meta mengalami penurunan tajam pada hari Kamis lalu, menyusul laporan pendapatan yang mengecewakan.

Penurunan harga saham Meta memangkas kekayaan bersih pendiri perusahaan menjadi 89 miliar dolar AS atau sekitar Rp 1.289 triliun. Akibat penurunan kekayaan tersebut, Zuckerberg harus puas menjadi orang terkaya ke-10 di dunia.

Hal ini berdasarkan pada analisa Bloomberg Billionaires Index, yang setiap hari meriset data harta kekayaan orang-orang terkaya di dunia. Sepanjang tahun, kekayaan bersih Zuckerberg disebut-sebut telah turun hingga 35,9 miliar dolar AS atau Rp 516 triliun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bloomberg Billionaires Index adalah peringkat harian orang-orang terkaya di dunia. Rincian tentang perhitungan disediakan dalam analisis kekayaan bersih di halaman profil setiap miliarder. Angka tersebut diperbarui setiap hari usai penutupan perdagangan saham di bursa New York.

Pada akhir tahun 2021 lalu, Zuckerberg berada pada peringkat ke-7 orang terkaya di dunia dengan total 121 miliar dollar AS atau sekitar Rp 1.742 triliun. CEO dan salah satu pendiri Meta (sebelumnya Facebook) ini tercatat sebagai miliarder termuda dalam daftar orang terkaya di dunia tahun lalu.

Kerugian yang dialami Zuckerberg pekan ini sendiri merupakan kerugian terbesar yang pernah dialami olah pasar saham AS. Saham Meta anjlok 23 persen dalam perdagangan pada hari Rabu, setelah perusahaan melaporkan pendapatan dan laba kuartal yang turun di bawah ekspektasi analis. Eksekutif Meta mengeluhkan aturan privasi baru Apple di iOS, yang diperkenalkan perusahaan Oktober lalu, sebagai penyebabnya. Aturan tersebut dituding telah membatasi kemampuan Facebook untuk menayangkan iklan.

Walau demikian, di sisi lain Meta juga melaporkan bahwa pengguna aktif harian Facebook telah menurun tajam untuk pertama kalinya. Terjadi penurunan sekitar setengah juta pengguna dibandingkan kuartal sebelumnya. Penurunan tersebut membuat investor khawatir bahwa Meta akan kalah bersaing dengan pemain baru seperti Snap dan TikTok, yang mendominasi pasar Gen Z.

Berikut data terbaru peringkat orang terkaya di dunia:

No Nama Total Kekayaan (dolar AS)

1. Elon Musk 239 miliar

2. Jeff Bezos 183 miliar

3. Bernard Arnault 166 miliar

4. Bill Gates 129 miliar

5. Larry Page 127 miliar

6. Sergey Brin 122 miliar

7. Warren Buffett 114 miliar

8. Steve Ballmer 110 miliar

9. Larry Ellison 101 miliar

10 Mark Zuckerberg 89,4 miliar

__________________________________________________

sumber: Bloomberg Billionaires Index, 6 Feb 2022

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image