Tragis! eBay Didenda Rp 45 Miliar karena Teror dan Lecehkan Blogger Pengkritik

Gaya Hidup  
Kantor eBay.
Kantor eBay.

JOURON -- e-Bay kena getahnya gara-gara antikritk dan cara menyelesaikannya ngaco. eBay telah setuju membayar denda $3 juta atau sekitar Rp 45 miliar untuk menyelesaikan tuduhan pelecehan terhadap blogger yang kritis terhadap perusahaan.

Para eksekutif di eBay mengirim laba-laba dan kecoak hidup ke Ina dan David Steiner, menurut dokumen pengadilan. "Pasangan itu menjadi sasaran karena memproduksi buletin yang tidak disukai para karyawan," kata jaksa di Amerika.

Pengajuan tersebut mengatakan pasangan itu telah diteror "secara emosional, psikologis, dan fisik".

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kantor Kejaksaan AS di Distrik Massachusetts mengatakan Jim Baugh, mantan direktur senior keselamatan dan keamanan eBay, telah menargetkan pasangan tersebut karena memproduksi EcommerceBytes, sebuah buletin yang tidak disukai oleh para eksekutif perusahaan.

"Baugh dan enam rekannya memimpin kampanye untuk mengintimidasi keluarga Steiner," kata pengadilan.

Tindakan intimidasi tersebut antara lain mengirimkan serangga hidup, janin babi, dan karangan bunga pemakaman ke rumah keluarga Steiner di Natick, Massachusetts.

Baugh dan rekan-rekannya juga memasang alat pelacak GPS di mobil pasangan itu dan membuat postingan di situs Craigslist yang mengundang hubungan seksual di rumah mereka, menurut pengajuan tersebut.

Karyawan tersebut dipecat oleh eBay tak lama setelah kejadian tersebut.

Pada tahun 2021, karyawan eBay, Philip Cooke, dijatuhi hukuman 18 bulan penjara. Tahun berikutnya, Baugh dijatuhi hukuman hampir lima tahun.

Pengacara Baugh mengatakan dia menghadapi tekanan dari mantan CEO eBay Devin Wenig untuk mengendalikan Steiners atas liputan mereka terhadap perusahaan tersebut.

Wenig, yang mengundurkan diri pada tahun 2019, belum didakwa dalam kasus ini dan menyangkal mengetahui kampanye pelecehan tersebut.

"eBay terlibat dalam tindakan kriminal yang sangat mengerikan," kata penjabat Jaksa Massachusetts AS Josh Levy kepada kantor berita AP melalui email.

"Karyawan dan kontraktor perusahaan yang terlibat dalam kampanye ini menempatkan para korban dalam keadaan yang sangat buruk, dalam kampanye yang bertujuan untuk membungkam pelaporan mereka dan melindungi merek eBay."

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image