Wisata Kuliner Kota Baru Parahyangan: Ngopi Java Frinsa Cita Rasa Buah Segar dan Manis

Gaya Hidup  
Kopi seduh manual Java Frinsa ala Cluster Coffee di Kota Baru Parahyangan (KBP) Bandung. Rasa buahnya yang melekat di kopi bikin segar.
Kopi seduh manual Java Frinsa ala Cluster Coffee di Kota Baru Parahyangan (KBP) Bandung. Rasa buahnya yang melekat di kopi bikin segar.

Kota Baru Parahyangan (KBP) kini menjelma menjadi pusat wisata kuliner di area Bandung dan sekitarnya. Banyak jenis makanan dan minuman khas Sunda, khas Nusantara, hingga hidangan Barat dan luar negeri tersedia di sini.

Pada kesempatan ini, kedai kopi Cluster Coffee yang ada di wilayah KBP menjadi tujuan penulis dan tim. Kafe ini menjual beragam kopi dan makanan. Ada juga menu bakso cuanki.

Kami memesan salah satu menu kopi favorit di sini, yakni kopi Java Frinsa yang diseduh dengan teknik manual (manual brewing) dengan filter V60.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Suasana kedai kopi Cluster Coffee di KBP
Suasana kedai kopi Cluster Coffee di KBP

Kopi Java Frinsa berasal dari kebun kopi di Pangalengan, Jawa Barat, yang dikelola oleh Java Frinsa Estate. Wilayah ini memang dikenal sebagai salah satu pusat kopi di Jawa Barat dan Indonesia.

Seperti kebanyakan kopi Pangalengan, cita rasa kopi Java Frinsa kebanyakan asam buah, sedikit manis, dan aroma sayur dan herbal cukup kuat.

Rasa kopi hasil seduhan barista Cluster Coffee pun tak jauh berbeda dari cita rasa awal kopi Java Frinsa, yakni rasa buah yang segar begitu kuat. Sensasi manis alami dan sedikit rasa teh juga muncul.

Dafftar menu dan harga makanan dan minuman di Cluster Coffee KBP Bandung
Dafftar menu dan harga makanan dan minuman di Cluster Coffee KBP Bandung

Kami memesan kopi yang panas karena memang pas hari masih pagi. Jika hari panas dan habis berolahraga, seduh V60 kopi Java Frinsa ini akan lebih nikmat dan segar jika dicampur es.

After Taste Kopi Java Frinsa

Rasa kopi di tenggorokan setelah meminum (after taste) Java Frinsa yang diseduh ala barista Cluster Coffee terasa ringan dan tidak panjang. Rasa buah dan manis terasa meskipun tidak panjang.

Rasa pahit terasa kecil sekali karena tertutup kuatnya rasa buah. Kompleksitas dan balance rasa kopi ini tentu tak lepas dari cara barista menyeduh kopi Java Frinsa ini.

Faktor-faktor lain yang juga ikut menentukan rasa kopi ini terletak pada jenis kopi, jenis proses pengolahan kopi usai panen, level roasting biji kopi, hingga teknik penyeduhan yang meliputi suhu air, rasio kopi dengan air, hingga waktu serta interval seduhan.

Sajian khas kopi V60 dari Cluster Coffee KBP Bandung
Sajian khas kopi V60 dari Cluster Coffee KBP Bandung

Bagaimana Bisa Mencicipi Kopi Ini?

Jika Anda penasaran ingin mencoba kopi Java Frinsa ini, bisa datangi Cluster Coffee yang ada di alam kompleks KBP. Terletak tak jauh dari Ikea dan pusat bisnis KBP.

Tentu, ada beberapa kedai dan kafe kopi yang ada di KBP. Nanti akan kita bahas dan testimoni satu per satu yaa...

Harganya juga tidak sampai mengeringkan dompet atau dompet digital kita. Kamu bisa lihat daftar harga minuman dan makanan di foto tulisan ini.

Selamat mencoba dan salam kuliner!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image