AI Jadi Kekuatan TV OLED 2024 Buatan LG

Teknologi  
Logo LG
Logo LG

JOURON -- Setahun yang lalu LG merilis TV OLED paling terang. TV LG ini akhirnya cocok untuk ruangan yang terang dan cerah. Kini LG fokus pada TV yang berbasis kecerdasan buatan atau AI.

Rtings menyebut G3 OLED 2023 sebagai “TV luar biasa tanpa kelemahan nyata”, dan banyak ulasan lainnya memujinya sebagai salah satu TV terbaik yang pernah dirilis.

Dikutip dari the Verge, LG menggunakan CES 2023 untuk memperkenalkan TV “nirkabel” pertamanya, Signature OLED M, yang menerima konten dari kotak Zero Connect yang dapat ditempatkan secara diam-diam di ruangan yang sama.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jadi, meskipun tahun lalu membawa peningkatan teknis yang cukup besar, pada 2024, LG mengalihkan fokusnya ke AI.

Di seluruh jajaran TV OLED, LG kini mendukung kecepatan refresh variabel hingga 144Hz (naik dari 120Hz), yang merupakan kabar baik bagi para gamer PC. Seri G4 baru menghadirkan teknologi Micro Lens Array milik perusahaan, yang merupakan rahasia di balik gambar G3 yang jauh lebih cerah, ke ukuran layar 83 inci yang lebih besar untuk pertama kalinya.

Lini OLED M 2024 menambahkan model 65 inci yang lebih kecil bagi mereka yang menginginkan teknologi nirkabel mewah dalam ukuran yang lebih sederhana.

Namun tema besar tahun ini adalah AI. Prosesor a11 baru LG, yang ditemukan di M4 dan G4 (tetapi bukan C4 dan B4 yang lebih mainstream), dikatakan menawarkan “peningkatan kinerja grafis sebesar 70 persen dan kecepatan pemrosesan 30 persen lebih cepat dibandingkan pendahulunya,” menurut perusahaan tersebut.

Peningkatan AI bukanlah sesuatu yang baru untuk OLED LG, namun perusahaan ini benar-benar menganggap peningkatan tahun ini lebih mumpuni dan komprehensif dibandingkan sebelumnya. Chip Alpha 11 menggunakan “analisis gambar tingkat piksel yang tepat, untuk secara efektif mempertajam objek dan latar belakang yang mungkin tampak buram.”

Semua didorong oleh penilaian cerdas dari AI itu sendiri, TV OLED menghadirkan pengalaman menonton yang lebih jernih dan hidup. Prosesor AI menyempurnakan warna dengan menganalisis warna yang sering digunakan untuk menyampaikan suasana hati dan elemen emosional yang diinginkan oleh pembuat film dan pembuat konten.

Dynamic Tone Mapping Pro membagi gambar menjadi beberapa blok dan menyempurnakan kecerahan dan kontras dengan menganalisis variasi kecerahan saat cahaya memasuki pemandangan, sehingga menghasilkan gambar yang terlihat lebih tiga dimensi.

AI sekarang memahami maksud kreatif, menurut LG, dan dapat menyesuaikan pengaturan gambar TV Anda. Para pecinta gambar selalu dapat mengabaikan dan menonaktifkan mode AI ini, namun banyak orang yang mau tidak mau membiarkannya.

Namun hal ini juga berarti akan terdapat kesenjangan yang lebih besar antara performa G4, yang mendapatkan teknologi AI, dan C4, yang tidak, dibandingkan antara G3 dan C3 tahun lalu, yang sebagian besar disebabkan oleh kecerahan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image