Canggih! AI Life2vec Bisa Prediksi Kematian Manusia

Teknologi  
AI Life2vec mencoba memprediksi umur manusia dengan segala catatan kebiasaan manusia.
AI Life2vec mencoba memprediksi umur manusia dengan segala catatan kebiasaan manusia.

Bayangkan kemampuan kecerdasan buatan (AI). Ande memberi tahu detail kehidupan Anda kepada AI --pekerjaan Anda, kebiasaan makan Anda, saat lengan Anda patah saat berusia 4 tahun-– dan AI dapat memprediksi risiko kesehatan yang paling mungkin terjadi pada orang-orang seperti Anda.

Kedengarannya AI ini seperti fiksi ilmiah murni, tetapi sebuah studi baru menunjukkan bahwa teknologi ini tidak jauh berbeda. Jika dipikir-pikir, ini tidak seseram kedengarannya.

Para ilmuwan telah lama menyamakan cara kita hidup, makan, dan tidur, dan bagaimana hal tersebut memengaruhi risiko kematian dini atau terserang penyakit tertentu. Dengan AI, data yang ada akan diproses lebih cepat dan komprehensif.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebuah tim dari Northeastern University, Technical University of Denmark, dan University of Copenhagen di Denmark melatih mesin AI mereka pada data enam juta orang Denmark untuk menguji kelayakan mesin prediksi semacam ini.

Diagram model AI

Model AI ini mengelompokkan berbagai faktor, seperti masalah kesehatan. Mereka menemukan teknik pelatihan yang sama yang mendasari Model Bahasa Besar (LLM), yang mendukung bot seperti ChatGPT, juga dapat diterapkan pada peristiwa kehidupan.

Alih-alih mempelajari hubungan antara kata dan kalimat, AI justru mencari tahu hubungan antara segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita.

“Seluruh kisah kehidupan manusia, bisa juga dianggap sebagai kalimat panjang dari banyak hal yang bisa terjadi pada seseorang,” kata Sune Lehmann, ilmuwan data di Technical University of Denmark.

“Model ini menawarkan refleksi yang jauh lebih komprehensif tentang dunia yang dijalani manusia dibandingkan banyak model lainnya.”

Model baru ini, yang diberi nama life2vec, memanfaatkan "ruang penyematan" di mana sesuatu di dunia nyata diberikan bentuk matematis yang dapat dibaca oleh komputer –-untuk menarik hubungan antara faktor kesehatan, latar belakang pendidikan, tingkat pendapatan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut. mempengaruhi angka kematian.

Saat diuji terhadap penyebab kematian yang diketahui, AI terbukti lebih baik dibandingkan metode saat ini dalam memprediksi bagaimana dan kapan seseorang akan meninggal –-meskipun masih banyak kejadian, seperti kecelakaan mobil, yang tidak dapat diramalkan oleh model tersebut. .

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image