New York Times Gugat ChatGPT, OpenAI dan Microsoft Atas Pelanggaran Hak Cipta

Teknologi  
ChatGPT merupakan produk kontroversi dan ternama dari OpenAI dan Microsoft.
ChatGPT merupakan produk kontroversi dan ternama dari OpenAI dan Microsoft.

JOURON -- Koran ternama di Amerika Serikat (AS) The New York Times telah menggugat perusahaan kecerdasan buatan (AI) OpenAI dan Microsoft atas pelanggaran hak cipta.

New York Times menuduh teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) perusahaan tersebut secara ilegal menyalin jutaan artikel Times untuk melatih ChatGPT dan layanan lain untuk memberikan informasi kepada masyarakat —--teknologi yang kini bersaing dengan Times.

Keluhan ini menjadi yang terbaru dari serangkaian tuntutan hukum yang berupaya membatasi penggunaan dugaan pengambilan sejumlah besar konten dari internet tanpa kompensasi untuk melatih apa yang disebut model kecerdasan buatan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Aktor, penulis, jurnalis, dan kreator lainnya yang memposting karya mereka di internet takut AI akan belajar dari materi mereka dan mengambil informasi lain tanpa diberikan kompensasi yang layak.

Namun gugatan Times adalah yang pertama di antara penerbit berita besar yang menentang OpenAI dan Microsoft, merek AI yang paling dikenal.

Dalam pengaduan yang diajukan pada hari Rabu (27 Desember), Times mengatakan “penggunaan karya The Times secara tidak sah oleh Microsoft dan OpenAI untuk menciptakan produk kecerdasan buatan yang bersaing dengannya mengancam kemampuan The Times untuk menyediakan layanan tersebut.”

Makalah tersebut mencatat bahwa OpenAI dan Microsoft menggunakan sumber-sumber lain dalam “penyalinan skala besar,” namun “mereka memberikan penekanan khusus pada konten Times” dalam upaya “untuk memanfaatkan investasi besar-besaran The Times dalam jurnalismenya dengan menggunakannya untuk membuat produk substitusi tanpa izin atau pembayaran."

Microsoft dan OpenAI tidak segera menanggapi permintaan komentar atas gugatan tersebut.

Disney, The New York Times, dan CNN termasuk di antara selusin perusahaan media besar yang memblokir akses ke ChatGPT saat mereka melancarkan perang dingin terhadap AI.

The Times, dalam keluhannya, mengatakan mereka keberatan ketika beberapa bulan lalu mengetahui bahwa hasil pekerjaan mereka telah digunakan untuk melatih model bahasa besar perusahaan tersebut. Mulai bulan April, Times mengatakan pihaknya mulai bernegosiasi dengan OpenAI dan Microsoft untuk menerima kompensasi yang adil dan menetapkan persyaratan perjanjian.

Namun Times menuduh pihaknya tidak mampu mencapai resolusi dengan perusahaan-perusahaan tersebut. Microsoft dan OpenAI mengklaim bahwa karya-karya Times dianggap sebagai “penggunaan wajar,” yang memberi mereka kemampuan untuk menggunakan materi berhak cipta untuk “tujuan transformatif,” kata pengaduan tersebut.

“Tidak ada yang ‘transformatif’ dalam menggunakan konten The Times tanpa pembayaran untuk menciptakan produk yang menggantikan The Times dan menjauhkan audiens darinya,” kata Times dalam keluhannya.

The Times adalah salah satu dari sejumlah redaksi terkemuka, termasuk CNN, yang awal tahun ini menambahkan kode ke situs web mereka yang memblokir perayap web OpenAI, GPTBot, agar tidak memindai platform mereka untuk mencari konten.

The Times mengklaim bahwa karena alat AI telah dilatih mengenai kontennya, mereka dapat “menghasilkan keluaran yang membacakan konten Times kata demi kata, merangkumnya dengan cermat, dan meniru gaya ekspresifnya, seperti yang ditunjukkan oleh sejumlah contoh. Alat-alat ini juga secara keliru mengaitkan informasi palsu kepada The Times.

Outlet berita tersebut juga menuduh bahwa mesin pencari Bing milik Microsoft, yang ditingkatkan awal tahun ini dengan teknologi OpenAI, “menyalin dan mengkategorikan” konten Times untuk menghasilkan tanggapan yang lebih panjang dan lebih rinci dibandingkan mesin pencari tradisional.

Wakil Presiden Eksekutif dan Penasihat Umum New York Times Diane Brayton mengatakan kepada staf outlet tersebut dalam sebuah memo pada Rabu pagi bahwa, “Kami menyadari potensi [AI generatif] untuk publik dan jurnalisme.”

“Tetapi pada saat yang sama, kami percaya bahwa keberhasilan GenAI dan perusahaan yang mengembangkannya tidak harus mengorbankan institusi jurnalistik,” menurut memo yang diperoleh CNN. “Penggunaan karya kami untuk membuat alat GenAI harus disertai izin dan perjanjian yang mencerminkan nilai wajar dari karya tersebut, sebagaimana diatur dalam undang-undang.”

Dalam gugatannya, Times meminta ganti rugi moneter yang tidak ditentukan, serta perintah permanen yang akan mencegah Microsoft dan OpenAI melanjutkan dugaan pelanggaran tersebut. The Times juga berupaya untuk “menghancurkan” GPT dan model atau perangkat pelatihan AI lainnya yang menyertakan jurnalisme mereka.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image