Tren Teknologi 2024: Robot Humanoid

Teknologi  
Robot humanoid menjadi salah satu tren teknologi 2024.
Robot humanoid menjadi salah satu tren teknologi 2024.

Salah satu tren teknologi ngehits pada 2024 adalah robot humanoid. Berbeda dari robot-robot pada umumnya, robot humanoid ini bentuknya menyerupai manusia, bisa melakukan gerakan-gerakan seperti manusia, dan mampu berinteraksi dengan manusia dan lingkungan.

Robot humanoid mungkin mulai terlihat lebih berguna pada tahun depan. Di Tesla, para insinyur sedang mengerjakan Optimus ---robot humanoid yang mereka harap akan segera melakukan pekerjaan-pekerjaan dasar di pabrik.

Sebuah video yang dirilis awal bulan ini menunjukkan versi terbaru Optimus yang lebih ringan dari mesin sebelumnya, dengan tangan baru dan ditenagai motor baru.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pada Juli, Elon Musk mengatakan bahwa Optimus akan mampu bekerja di pabrik Tesla pada 2024. “Dalam hal kapan ia dapat melakukan hal-hal yang berguna, pertama-tama kami akan mencobanya di pabrik kami sendiri untuk membuktikan kegunaannya. Namun saya pikir kami akan dapat membuatnya melakukan sesuatu yang berguna di pabrik kami sekitar tahun depan," kata Musk.

Tesla memiliki banyak persaingan di bidang robot humanoid. Perusahaan lain sudah memiliki tugas pembelajaran robot di lingkungan kerja.

Amazon sedang menguji coba robot humanoid di gudangnya. Disebut Digit. Robot tersebut dapat menggerakkan, menggenggam, dan menangani benda dengan cara yang mirip dengan manusia.

Robot ini telah dikembangkan oleh Agility Robotics, yang berharap dapat mengirimkan robot Digit ke pelanggan lain tahun depan.

Sementara itu, di Kanada, Sanctuary AI telah melatih robotnya, yang disebut Phoenix, untuk melakukan tugas tertentu seperti mengemas tas. Pada tahun 2024 rencananya adalah memperluas cakupan tugas yang dapat dilakukan Phoenix.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image