Bagaimana Cara ChatGPT Menghasilkan Uang?

Teknologi  

JUORN -- OpenAI, perusahaan yang menciptakan ChatGPT, belum memonetisasi ChatGPT dalam skala luas, meskipun hal tersebut belum tentu menjadi motifnya, setidaknya pada awalnya.

OpenAI diluncurkan sebagai organisasi nirlaba pada 2015, mengandalkan donasi untuk pendanaan. Namun seiring berjalannya waktu, "Menjadi semakin jelas bahwa donasi saja tidak akan sebanding dengan biaya daya komputasi dan bakat yang diperlukan untuk mendorong penelitian inti, sehingga membahayakan misi kami," kata perusahaan tersebut.

Jadi pada 2019, mereka mendirikan anak perusahaan nirlaba yang diawasi oleh dewan direksi lembaga nonprofit tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Versi gratis ChatGPT tetap tersedia di situs web OpenAI. Selain itu, perusahaan telah memperkenalkan versi premium, ChatGPT Plus, dengan harga berlangganan $20 per bulan.

Versi gratisnya menggunakan ChatGPT-3.5, sedangkan versi berbayar menggunakan ChatGPT-4.0, yang oleh perusahaan disebut sebagai "model kami yang paling mumpuni".

Selain itu, perusahaan menjual pemrograman aplikasinya secara berlangganan kepada organisasi yang ingin menggunakan model tersebut untuk tujuan mereka sendiri, demikian seperti dikutip Investopedia.

The Wall Street Journal melaporkan pada September 2023 bahwa OpenAI sedang dalam pembicaraan untuk menjual saham dengan harga yang akan memberi nilai bagi perusahaan antara $80 miliar dan $90 miliar. Nilai tersebut, menurut Journal, akan menjadi kira-kira tiga kali lipat nilainya pada awal tahun.

ChatGPT mungkin merupakan pemimpin di bidangnya, namun ia bukannya tanpa pesaing, beberapa di antaranya memiliki sumber daya yang besar, termasuk Amazon, Google, dan Meta.

Potensi Manfaat ChatGPT

Seperti disebutkan, ChatGPT memiliki banyak potensi kegunaan mulai dari fungsi yang relatif langsung, seperti chatbot hingga aplikasi yang lebih tidak jelas, dan kemungkinan besar pengguna akan mengeksplorasi sejumlah cara lain untuk memanfaatkan teknologi ini di masa depan, termasuk di mesin pencari.

Meskipun chatbot telah ada selama beberapa tahun, ChatGPT dipandang sebagai peningkatan signifikan dalam kejelasan, kelancaran, dan ketelitian model sebelumnya. Salah satu demonstrasi kecanggihan ChatGPT yang disediakan oleh OpenAI mencakup perintah yang dirancang untuk mengelabui bot: menanyakan kapan Christopher Columbus datang ke Amerika Serikat pada tahun 2015.

Respons ChatGPT dengan mudah menghindari jebakan tersebut, mengklarifikasi bahwa meskipun Columbus tidak melakukannya datang ke AS pada 2015, hal ini dapat menunjukkan beberapa reaksi dia terhadap kunjungannya jika dia punya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image