Aitana, Model Kecerdasan Buatan (AI) Spanyol Pertama Hasilkan Cuan hingga Rp 170 Juta

Teknologi  
Aitana, model yang tidak ril. Aitana adalah produk kecerdasan buatan (AI).
Aitana, model yang tidak ril. Aitana adalah produk kecerdasan buatan (AI).

Aitana, 25, seorang wanita berambut merah muda dari Barcelona, kerap menerima pesan pribadi (inbox) dari selebriti yang mengajaknya berkencan. Namun, model cantik ini tidak nyata.

Aitana, model Spanyol pertama yang diciptakan dengan kecerdasan buatan, lahir di tengah masa sulit. Musim panas lalu, Rubén Cruz, sang desainer Aitana dan pendiri agensi The Clueless, mengalami masa sulit karena dia tidak memiliki banyak klien.

“Kami mulai menganalisis cara kami bekerja dan menyadari bahwa banyak proyek ditunda atau dibatalkan karena masalah di luar kendali kami. Seringkali ini adalah kesalahan influencer atau model dan bukan karena masalah desain,” kata Cruz kepada Euronews.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jadi mereka memutuskan untuk membuat influencer sendiri untuk dijadikan model bagi merek yang mendekati mereka. Mereka menciptakan Aitana, seorang wanita berambut merah jambu berusia 25 tahun dari Barcelona yang penampilan fisiknya mendekati kesempurnaan.

Model virtual ini dapat menghasilkan hingga Rp 170 juta per bulan, menurut penciptanya, tetapi rata-ratanya sekitar Rp 47 juta per bulan.

“Kami melakukannya agar kami bisa hidup lebih baik dan tidak bergantung pada orang lain yang punya ego, yang punya mania, atau yang hanya ingin menghasilkan banyak uang dengan berpose,” kata Cruz.

Penghasilan Aitana cukup tersebar.

Dia berpenghasilan lebih dari €1.000 per iklan, dan baru-baru ini menjadi wajah Big, sebuah perusahaan suplemen olahraga, Aitana mengunggah foto dirinya dalam pakaian dalam ke Fanvue, platform yang mirip dengan OnlyFans.

Hanya dalam beberapa bulan, ia berhasil mendapatkan lebih dari 121.000 pengikut di Instagram dan fotonya mendapat ribuan penayangan dan reaksi. Dia bahkan menerima pesan pribadi dari selebriti yang tidak menyadari bahwa dia bukanlah orang sungguhan.

"Suatu hari, seorang aktor terkenal Amerika Latin mengirim pesan untuk mengajaknya berkencan. Aktor ini memiliki sekitar 5 juta pengikut dan beberapa tim kami menonton serial TV-nya ketika mereka masih kecil," kata Cruz.

“Dia tidak menyangka Aitana tidak ada,” tambahnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image