Pikiran Pertama yang Dikendalikan Kecerdasan Buatan Generatif Hadir di Video Game

Teknologi  
Kecerdasan buatan (AI) generatif akan mengubah banyak hal.
Kecerdasan buatan (AI) generatif akan mengubah banyak hal.

JOURON -- Kecerdasan buatan (AI, artficial intellegence) generatif akan mengubah banyak kehidupan manusia dan benda. Pikiran pertama yang akan dikendalikan kecerdasan buatan ini bakal memasuki karakter-karakter di video game.

NPC (karakter yang tidak dapat dimainkan atau non-playable character) --tokoh-tokoh yang mengisi dunia yang dihasilkan dalam video game tetapi hingga saat ini sebagian besar dijalankan dengan skrip terbatas-- kini menjadi fokus pengendalian kecerdasan buatan generatif.

AI akan mengontrol pikiran NPC ini dan bisa berdialog dengan pemain game (manusia) dalam banyak hal. Tujuan pengendalian pikiran karakter di video game ini untuk meningkatkan gameplay dan imersif. Dan ini merupakan kemitraan antara Microsoft Xbox dan Inworld AI.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

NPC adalah karakter yang tidak bisa dimainkan. Cambridge Dictionary menjelaskan NPC sebagai karakter dalam permainan komputer (game) yang tidak dikendalikan oleh seseorang yang memainkan permainan tersebut.

Kecerdasan buatan ini akan memberikan banyak ruang dialog gamer (manusia) dengan karakter video game (NPC). Dialog yang lebih baik hanyalah langkah pertama.

“Kami menciptakan teknologi yang memungkinkan NPC untuk berkembang melampaui peran yang telah ditentukan sebelumnya, beradaptasi dengan perilaku pemain, belajar dari interaksi, dan berkontribusi pada dunia game yang hidup dan bernafas,” kata Kylan Gibbs, chief product officer dan salah satu pendiri Inworld AI, seperti dikutip CNBC.

AI NPC, kata Gibss, bukan sekadar lompatan teknologi. Ini, perubahan paradigma untuk keterlibatan pemain game.

Teronosan ini merupakan peluang besar bagi perusahaan game dan pengembang game. Peralihan dari dialog tertulis ke narasi dinamis yang digerakkan oleh pemain akan meningkatkan imersi sehingga mendorong replayability, retensi, dan pendapatan.

Interaksi antara chip yang kuat dan game selama bertahun-tahun telah menjadi bagian dari kisah sukses Nvidia. Namun kini ada keyakikan kuat dalam industri game bahwa mereka baru saja mulai mencapai titik di mana AI akan berkembang pesat, setelah beberapa ketidakpastian awal.

“Semua pengembang tertarik pada bagaimana kecerdasan buatan dapat memengaruhi proses pengembangan game,” John Spitzer, wakil presiden teknologi pengembang dan kinerja di Nvidia, baru-baru ini mengatakan kepada CNBC.

Dia menyebut pemberian kekuatan pada karakter yang tidak dapat dimainkan sebagai uji kasus utama.

Memang benar bahwa batasan dan kemungkinan teknologi terlalu menentukan dunia game yang dapat diciptakan oleh pengembang. Teknologi di balik AI NPC, kata Gibbs, akan menjadi katalisator bagi era baru dalam bercerita, ekspresi kreatif, dan gameplay inovatif. Namun sebagian besar dari apa yang akan terjadi di masa depan adalah “permainan yang belum pernah kita bayangkan.”

Sebuah studi Bain baru-baru ini mencatat bahwa AI telah melakukan beberapa tugas, termasuk praproduksi dan perencanaan konten game. Ini akan memainkan peran yang lebih besar dalam pengembangan karakter, dialog, dan lingkungan.

Para eksekutif game, menurut penelitian Bain, memperkirakan AI akan mengelola lebih dari separuh pengembangan game dalam waktu lima tahun hingga satu dekade. Hal ini mungkin tidak akan menurunkan biaya produksi –-game blockbuster dapat menghabiskan total biaya pengembangan sebesar $1 miliar-– namun AI akan memungkinkan game dikirimkan lebih cepat dan dengan kualitas yang lebih baik.

Pada akhirnya, proliferasi AI generatif akan memungkinkan proses pengembangan game untuk melibatkan rata-rata gamer dalam pembuatan konten. Artinya, semakin banyak game yang menawarkan apa yang disebut Christofferson sebagai “mode pembuatan” yang memungkinkan peningkatan konten buatan pengguna — Gibbs menyebutnya sebagai “narasi yang digerakkan oleh pemain”.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image