Kapal Militer Rusia Berlabuh di Arab Saudi Pertama Kalinya, Saudi Mulai Berpaling dari Barat?

Teknologi  
Kapal tempur Admiral Gorshkov.
Kapal tempur Admiral Gorshkov.

Admiral Gorshkov menjadi kapal perang Rusia pertama yang berlabuh di Arab Saudi. Kapal itu sedang dalam perjalanan kembali ke Rusia ketika berhenti di Pelabuhan Islam Jeddah untuk “istirahat kru selama dua hari dan mengisi bahan bakar,” menurut seorang pejabat kedutaan Rusia.

Sekitar pukul 13.00 pada Rabu, sebuah pertemuan diadakan antara Laksamana Muda Mansour bin Saud Al-Juaid, asisten komandan Armada Barat Saudi, dan Komandan divisi kapal rudal Armada Utara, Kapten Oleg Gladky.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Duta Besar Rusia untuk Arab Saudi, Sergey G Kozlov, Konsul Jenderal Rusia di Jeddah, Yusup Abakarov, dan Wakil Tetap Rusia untuk Organisasi Kerja Sama Islam (OKI), Ramzan Abdulatipov.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Fregat 135 meter, dipersenjatai dengan peluru kendali, meninggalkan kota Murmansk Rusia barat laut pada 4 Januari dalam perjalanan panjang ke Cape Town, Durban dan Richards Bay di Afrika Selatan. Di sana ia melakukan manuver angkatan laut sebelum berlayar ke Chabahar, Iran, untuk latihan militer lain berlangsung.

Bulan lalu, Rusia mengatakan telah meluncurkan latihan angkatan laut dengan China dan Iran di Laut Arab, dengan tujuan memperkuat hubungan dengan kedua negara.

“Di Samudera Hindia, mereka juga mengadakan pelatihan pada 13 Maret. Latihan tersebut difokuskan untuk mencari kapal selam dan menghancurkannya dengan helikopter seri Ka-27,” Andrey Brekhovskikh, atase media di kedutaan Rusia, mengatakan kepada Arab News.

Setelah Gorshkov menyelesaikan misinya di Samudra Hindia, kapal itu menuju ke Djibouti sebelum berlayar ke kota Jeddah di Arab Saudi, di pantai Laut Merah, tempat kapal itu mencatat sejarah sebagai kunjungan pertama dari jenisnya oleh kapal militer Rusia.

Kapal yang dilengkapi dengan rudal jelajah hipersonik Zircon itu dijadwalkan berangkat dari Arab Saudi setelah dua hari dan menuju ke Tartus, Suriah, untuk pemeliharaan.

Di Samudra Atlantik barat, Gorshkov mempraktikkan serangan rudal Zircon pada bulan Januari pada target yang mensimulasikan kapal perang musuh pada jarak lebih dari 900 kilometer. Pada bulan Februari, ia berpartisipasi dalam latihan bersama dengan angkatan laut Afrika Selatan dan China di lepas pantai Afrika Selatan. pantai, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image