Italia Tegas Larang ChatGPT, Ini Penyebabnya

Teknologi  
ChatGPT
ChatGPT

Italia menjadi negara Barat pertama yang memblokir chatbot canggih ChatGPT. Otoritas perlindungan data Italia mengatakan ada masalah privasi yang berkaitan dengan model, yang dibuat oleh OpenAI dan didukung oleh Microsoft.

Regulator Italia akan melarang dan menyelidiki OpenAI "dengan segera". OpenAI mengatakan kepada BBC bahwa mereka sudah mematuhi undang-undang privasi.

Jutaan orang telah menggunakan ChatGPT sejak diluncurkan pada November 2022. ChatGPT dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan menggunakan suara manusia dan juga dapat meniru gaya penulisan. ChatGPT menggunakan data-data di internet sebagai basis penjelasannya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Microsoft telah menghabiskan miliaran dolar AS untuk ChatGPT dan diperluas ke Bing bulan lalu. Microsoft akan menyematkan versi teknologi di aplikasi Office-nya, termasuk Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook.

Ada kekhawatiran atas potensi risiko kecerdasan buatan (AI), termasuk ancamannya terhadap pekerjaan dan penyebaran informasi yang salah dan bias.

Awal pekan ini tokoh-tokoh kunci di bidang teknologi, termasuk Elon Musk, menyerukan agar jenis sistem AI ini ditangguhkan di tengah kekhawatiran perlombaan untuk mengembangkannya di luar kendali.

Pengawas Italia mengatakan mereka tidak hanya memblokir chatbot OpenAI tetapi juga akan menyelidiki apakah itu mematuhi Peraturan Perlindungan Data Umum atau tidak.

Pengawas mengatakan pada 20 Maret aplikasi tersebut telah mengalami pelanggaran data yang melibatkan percakapan pengguna dan informasi pembayaran. Dikatakan, tidak ada dasar hukum untuk membenarkan "pengumpulan dan penyimpanan massal data pribadi untuk tujuan 'melatih' algoritma yang mendasari pengoperasian platform".

Otoritas Italia menegaskan karena tidak ada cara untuk memverifikasi usia pengguna, aplikasi tersebut "mengekspos anak di bawah umur untuk jawaban yang benar-benar tidak sesuai dibandingkan dengan tingkat perkembangan dan kesadaran mereka".

Bard, saingan chatbot kecerdasan buatan Google, sekarang tersedia, tetapi hanya untuk pengguna tertentu yang berusia di atas 18 tahun.

Otoritas perlindungan data Italia mengatakan OpenAI memiliki waktu 20 hari untuk menjelaskan persoalan ini dengan ancaman kena denda €20 juta ($21,7 juta) atau hingga 4% dari pendapatan tahunan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image