Penghianatan Ana Montes, Mata-Mata Kuba Paling Berbahaya dalam Sejarah Amerika Serikat

Gaya Hidup  

Sebagai hasilnya, kata Lapp, dia bergabung dengan Badan Intelijen Pertahanan Amerika Serikat sebagai "agen yang direkrut sepenuhnya dari dinas intelijen Kuba."

"Dia melakukan pekerjaan yang baik dengan hampir sempurna," kata Lapp.

Ana Montes bekerja keras melalui jajaran dinas intelijen AS, pertama dalam portofolio untuk El Salvador dan Nikaragua, sebelum beralih menjadi agen intelijen top yang mempelajari Kuba. Di dalam agensi, keahliannya membuatnya mendapat julukan The Queen of Cuba.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tetapi selama hampir 17 tahun dia juga memberikan beberapa informasi paling rahasia negara itu kepada pemerintah asing yang bermusuhan.

"Salah satu alasan saya pikir dia tidak pernah tertangkap adalah dia sebagian besar menghafal informasi yang dia ambil," kata Jim Popkin, yang bukunya, Code Name Blue Wren, memetakan kenaikan pangkat Montes dan penangkapan terakhirnya.

"Dia memiliki pekerjaan hariannya di mana dia hanya duduk diam, belajar dan mengingat sebanyak mungkin dokumen-dokumen rahasia ini. Dan kemudian pekerjaan malamnya adalah pulang, mengetik di laptop Toshiba, mengenkripsi dan menyerahkannya kepadanya."

Alih-alih bekerja untuk uang, Montes kemudian memberi tahu para pejabat bahwa dia memata-matai AS karena dia tidak setuju dengan kebijakan intervensi pemerintahnya di Amerika Tengah dan Kuba.

"Dia sangat berbahaya karena dia memberikan identitas sebenarnya dari agen Amerika yang bekerja di Kuba," kata Popkin.

Informasi itu saja bisa membahayakan nyawa, tetapi Montes juga mengungkap keberadaan satelit siluman bernilai miliaran dolar yang digunakan AS untuk memata-matai Rusia, China, dan Iran.

"Itulah mengapa pejabat intelijen menyebut dia salah satu mata-mata paling merusak dalam sejarah Amerika, dan menurut saya, mata-mata perempuan paling merusak yang pernah kita miliki," kata Popkin.

Jaringan penipuan

Pada tahun 2000, pejabat intelijen mencurigai Montes sebagai mata-mata dan Lapp serta timnya memusatkan perhatian padanya sebagai tersangka.

Sebuah terobosan datang pada akhir pekan pada tahun 2001, ketika Lapp dan timnya menggeledah rumah Montes dan menemukan lebih dari satu dekade informasi rahasia di laptop di bawah tempat tidurnya.

Ana Montes menjalani sebagian besar hukuman 25 tahunnya di penjara dan dibebaskan pada 6 Januari.

Sekarang dia keluar dari penjara dan kembali ke rumahnya di Puerto Rico, Montes berkata dia berharap untuk hidup "tenang dan pribadi".

Namun dalam beberapa jam setelah pembebasannya, Montes juga mengindikasikan bahwa dia masih memikirkan Kuba.

Ana Montes.
Ana Montes.

"Saya mendorong mereka yang ingin fokus pada saya untuk fokus pada isu-isu penting, seperti masalah serius yang dihadapi rakyat Puerto Rico atau embargo ekonomi AS terhadap Kuba," katanya dalam pernyataan yang dibagikan kepada BBC News melalui pengacaranya, Linda. Backiel.

"Siapa dalam 60 tahun terakhir yang bertanya kepada rakyat Kuba apakah mereka ingin Amerika Serikat memberlakukan embargo yang menyesakkan yang membuat mereka menderita?"

Sumber: BBC/ABC/CNN

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image