Cara Mudah Beli Rumah Bagi Milenial dan Generasi Z

Gaya Hidup  
Rumah milenial
Rumah milenial

Bank Indonesia (BI) mencatat terjadi kenaikan permintaan rumah dari kalangan generasi milenial dan Z belakangan ini. Pandemi tidak menghalangi dua generasi ini untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman mereka.

Persaingan di pasar ini cukup ketat. Pengembang berlomba-lomba membuat konsep dan desain rumah untuk milenial dan Z. Dari rumah dengan luas tanah kecil sampai besar.

Namun memang ada kendala dari sisi keuangan. Tidak semua generasi milenial dan Z memiliki penghasilan tinggi sehingga kesulitan dalam mencicil bayaran. Bahkan, untuk downpayment saja kerap kesulitan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sejumlah perbankan pun memberikan penawaran cicilan menarik kepada kaum milenial dan Z untuk bisa memiliki rumah. Salah satunya yang ditawarkan bank BTN.

BTN menyatakan akan merebut peluang KPR untuk milenial dan Z. Ada beberapa fitur menarik yang coba ditawarkan BTN.

Pertama terkait pembayaran. Dua tahun pertama hanya bayar bunga. Tahun berikutnya pembayaran bunga dan cicilan sesuai kemampuan nasabah milenial tersebut.

Fitur lain, BTN siapkan pembayaran angsuran suka-suka. Angsuran akan ditetapkan berdasarkan tabungan yang dimiliki generasi milenial dan Z.

BTN mengaku siap merealisasikan 20 ribu hingga 30 ribu unit rumah untuk generasi milenial dan Z pada 2022 ini.

Saat ini, BTN bahkan sudah memiliki layanan KPR Graduated Payment Mortgage (GPM). Fasilitas tersebut dinilai akan sangat memudahkan milenial dan generasi Z mencicil rumah.

Wakil Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengungkapkan KPR GPM sengaja disiapkan untuk generasi muda. Dengan program tersebut, debitur dapat menikmati fasilitas suku bunga dengan promo lebih rendah dan diperhitungkan secara berjenjang yaitu 4,75 persen selama dua tahun pertama.

BTN bahkan menjajaki skema yang disesuaikan dengan gaya para milenial dan generasi Z yaitu sewa dulu baru beli. Model ini disebut sebagai rent to own.

Skema rent to own disiapkan untuk mengatasi persoalan kelebihan pasokan hunian. Kelebihan pasokan ini khususnya untuk unit apartemen.

BTN menyediakan penawaran milenial dan Z berusia 21 tahun sampau 40 tahun. Program beli rumah ini berlangsung hingga akhir 2022 ini.

Syaratnya mudah: kamu memiliki penghasilan fixed income, masa kerja minimal 1 tahun, maksimal plafond kredit Tidak dibatasi (sesuai dengan kemampuan calon debitur), jangka waktu maksimal 20 tahun untuk KPA BTN, dan maksimal 30 tahun untuk KPR BTN. Suku bunga sesuai ketentuan yang berlaku.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image