Kinerja Industri Keuangan Syariah Indonesia 2021

Teknologi  
OJK
OJK

Bagaimana kinerja industri keuangan syariah 2021? Bagaimana kinerja perbankan syariah di tengah pandemi covid-19?

Upaya pengendalian pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi massal telah berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi nasional, di mana peningkatan aktivitas sosial masyarakat berdampak terhadap pemulihan sektor riil.

Hal ini juga ditunjukkan oleh peningkatan aktivitas operasional bisnis sebagai implikasi dari pemulihan sisi demand karena mobilitas dan kegiatan ekonomi masyarakat yang mulai pulih. Kondisi perbaikan ini juga turut dialami oleh industri jasa keuangan syariah Indonesia dimana di tahun 2021 mampu bertahan dengan memanfaatkan momentum pemulihan ekonomi nasional.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hal ini terlihat dari aset industri keuangan syariah yang tumbuh 13,82% (yoy) mencapai Rp2.050,44 triliun. Tentunya hal tersebut didukung dengan strategi yang terbilang efektif bagi industrI keuangan syariah dalam beradaptasi di tengah pandemi.

Keberlanjutan atas ketahanan ekonomi dan keuangan syariah selama masa pemulihan ekonomi tersebut merupakan hasil dari sinergi kebijakan Pemerintah, OJK dan Bank Indonesia yang preventif, extraordinary dan forward looking, serta stimulus yang akomodatif di berbagai sektor.

Berbagai kebijakan yang diambil di masing-masing sektor keuangan syariah di masa pemulihan ekonomi nasional tersebut diulas secara khusus pada laporan ini. Tentunya, arah pengembangan sector keuangan syariah secara umum ini juga telah terangkum dalam Roadmap Pengembangan Perbankan Syariah Indonesia 2020 - 2025 (RP2SI) dan Roadmap Pengembangan Perbankan Indonesia (RP2I) 2021-2025 untuk industri BPR dan BPRS, serta Roadmap Pasar Modal Syariah 2020-2024 (RPMS) bagi sektor pasar modal yang merupakan terjemahan lebih detail dari Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) 2021-2025.

Laporan ini diharapkan dapat menjadi referensi yang bermanfaat masyarakat luas sekaligus meningkatkan semangat seluruh pihak dalam mendorong ketahanan dan daya saing keuangan syariah untuk mewujudkan cita-cita kita Bersama agar Indonesia mampu menjadi Pusat Ekonomi dan Keuangan Syariah Dunia.

Laporan lengkap kinerja keuangan syariah 2021 ada di tautan resmi OJK ini: https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/laporan-perkembangan-keuangan-syariah-indonesia/default.aspx

Berita Terkait

Image

Semua Bank akan Jadi Bank Digital, Bagaimana Nasib Bank Konvensional?

Image

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Bank Digital

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image