Kelebihan-Kelebihan BI FAST: Bisa Transfer Uang via Nomor Ponsel dan Email

Teknologi  
Bank Indonesia (BI) meluncurkan BI FAST untuk mempermudah layanan pembayaran digital real time.
Bank Indonesia (BI) meluncurkan BI FAST untuk mempermudah layanan pembayaran digital real time.

BI-FAST adalah infrastruktur sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat.

Keunggulan BI FAST

- Transfer uang antarbank menjadi lebih murah, dari Rp 6.500 menjadi Rp 2.500

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

- Transaksi lebih cepat, setiap waktu, dan aman (24 jam sehari, dengan proses tidak lama)

- Bisa transfer dana melalui nomor telepon atau e-email (proxy address)

- Lengkap, melayani berbagai instrumen dan kanal pembayaran.

- Lebih aman, dilengkapi dengan fitur fraud detection dan Anti-Money Laundering/AML, Countering Financing of Terrorism/CFT).

Transfer Uang Lewat Email dan Nomor Ponsel

Perbedaan layanan BI FAST dengan layanan online yang tersedia saat ini tidak terlalu jauh sebenarnya. Dari sisi nasabah, pada dasarnya sebagian layanan online (misalnya internet dan mobile banking) memiliki karateristik yang serupa dengan BI FAST.

BI FAST dilengkapi dengan fitur proxy address sehingga untuk menerima transaksi nasabah dapat tidak menggunakan nomor rekening, hanya perlu nomor HP atau alamat e-mail sebagai alternatif nomor rekening.

Dengan adanya fitur bernama proxy address yang bertujuan mempermudah transaksi, teman/kerabat/rekan bisnis bisa mengirim uang ke rekening kita secara mudah. Proxy address merupakan identitas pengganti nomor rekening yang mudah diingat Nasabah berupa nomor ponsel atau alamat email.

Agar kita bisa menerima incoming transfer dari bank lain melalui nomor ponsel atau alamat email, Anda diwajibkan untuk mendaftarkan proxy address Anda pada rekening bank.

Selain itu, batas nominal transaksi BI FAST sebesar Rp 250 juta per transaksi sehingga lebih besar dari batas nominal transaksi online (saat ini umumnya Rp 25 juta per transaksi).

Pada tahap awal, layanan BI FAST dapat diakses melalui kanal mobile/internet maupun counter. Ke depan BI FAST akan dikembangkan juga untuk transaksi melalui kanal lainnya, a.l QRIS, ATM, dan EDC

BI-FAST diimplementasikan secara bertahap mulai Desember 2021 dengan prioritas awal adalah transfer kredit individual. Selanjutnya secara bertahap mulai tahun 2022 akan dilakukan pengembangan layanan BI-FAST untuk transfer debit, bulk credit, dan request for payment, yang akan diimplementasikan pada tahun 2023.

Selanjutnya, BI-FAST juga akan diperluas untuk dapat melayani transaksi lainnya (a.l transaksi berbasis instrumen, QRIS, dan cross border).

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image