Apple Vision Pro, Headset Seharga Rp 54 Juta: Ini Fungsi dan Kelebihannya

Teknologi  
Apple Vison Pro
Apple Vison Pro

JOURON -- Apple telah mengumumkan penjualan headset Vision Pro yang telah lama ditunggu-tunggu pada 2 Februari 2024 di Amerika Serikat (AS).

Pelanggan di AS telah diberikan opsi untuk memesan di muka perangkat realitas campuran seharga $3.499 (£2.749) atau Rp 54 juta itu mulai pertengahan Januari.

Ini adalah produk baru besar pertama yang dirilis Apple sejak Apple Watch diluncurkan pada 2015. Setelah bertahun-tahun rumor, perusahaan mengungkapkan headset tersebut pada Juni 2023.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apple Vision Pro ini merupakan virtual reality (VR) yang memberikan impresi kepada pengguna dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Ini mencakup pekerjaan, hobi, nonton film, main game, chating, dan lain sebagainya.

Media BBC berkesempatan mencoba Vision Pro pada Juni tahun lalu, dan menemukan realitas campuran sebagai sesuatu yang beragam.

"Kami termasuk di antara sedikit organisasi berita di dunia yang diizinkan menguji perangkat tersebut - namun tidak diperbolehkan mengambil foto atau pembuatan film," kata BBC.

Tidak seperti banyak headset yang ada, Apple telah melepaskan baterainya, sehingga tidak terlalu membebani kepala Anda - meskipun itu berarti baterainya harus diletakkan di samping Anda, terpasang pada kabel.

Setelah headset aktif, Anda melihat ruangan di sekitar Anda tetapi Anda tidak melihatnya melalui kaca, Anda melihatnya melalui banyak kamera yang terpasang.

Ini adalah pengalaman "realitas campuran" - konten digital yang diproyeksikan ke lingkungan sekitar Anda.

Anda secara fisik menekan satu tombol di sisi kanan atas headset, dan muncul ikon aplikasi familiar yang akan Anda kenali jika Anda menggunakan iPhone - iMessage, Foto, Apple TV (akan ada lebih banyak lagi seiring pengembang membuatnya) .

Dan sejak saat itu, yang terpenting adalah kontrol gerakan - headset melacak ke mana Anda melihat sehingga ketika Anda melihat suatu aplikasi dan menjepit ibu jari dan telunjuk Anda bersamaan, aplikasi itu akan terbuka.

Anda dapat memilih tingkat kelebaran menggunakan dial fisik untuk menaikkan atau menurunkan ukuran apa pun yang Anda lihat. Itu bisa memenuhi seluruh ruangan atau tampak seperti layar TV yang ditempelkan di dinding Anda.

Namun jika seseorang berjalan di depan Anda dalam kehidupan nyata, Anda dapat melihatnya tidak peduli seberapa tenggelamnya Anda.

Namun, setiap kali ada masalah dengan demo tersebut, seorang karyawan Apple akan mengingatkan kami bahwa itu bukanlah produk jadi, dan larangan Apple terhadap pembuatan film apa pun selama demonstrasi berarti bahwa masalah ini tidak dapat direkam atau dibagikan secara online.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image