6 Alasan Mengapa AI (Kecerdasan Buatan) Penting Buat Manusia

Teknologi  
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memainkan pengaruh besar dalam kehidupan manusia saat ini.
Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan memainkan pengaruh besar dalam kehidupan manusia saat ini.

Kecerdasan buatan (AI, artificial intelligence) memainkan peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, AI mampu mempermudah manusia dalam menjalankan tugas, pekerjaan, kebiasaan, dan lain-lainnya.

Setidaknya, ada enam alasan mengapa AI atau kecerdasan buatan itu penting buat manusia, seperti yang dipaparkan SAS Insights.

Pertama, AI mengotomatiskan pembelajaran dan penemuan berulang melalui data.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Alih-alih mengotomatiskan tugas-tugas manual, AI melakukan tugas-tugas terkomputerisasi yang sering dan bervolume tinggi. AI melakukannya dengan andal dan tanpa rasa lelah. Tentu saja, manusia tetap penting untuk mengatur sistem dan mengajukan pertanyaan yang tepat.

Kedua, AI menambahkan kecerdasan pada produk yang sudah ada.

Banyak produk yang sudah Anda gunakan akan ditingkatkan dengan kemampuan AI, seperti Siri yang ditambahkan sebagai fitur pada produk Apple generasi baru. Otomatisasi, platform percakapan, bot, dan mesin pintar dapat digabungkan dengan data dalam jumlah besar untuk meningkatkan banyak teknologi. Peningkatan di rumah dan di tempat kerja, mulai dari intelijen keamanan dan kamera pintar hingga analisis investasi.

Ketiga, AI beradaptasi melalui algoritma pembelajaran progresif agar data dapat melakukan pemrograman.

AI menemukan struktur dan keteraturan dalam data sehingga algoritme dapat memperoleh keterampilan.

Sama seperti suatu algoritma yang dapat mengajarkan dirinya sendiri cara bermain catur, algoritma tersebut juga dapat mengajarkan dirinya sendiri produk apa yang akan direkomendasikan berikutnya secara online. Dan modelnya beradaptasi ketika diberi data baru.

Keempat, AI menganalisis data lebih banyak dan lebih dalam menggunakan jaringan saraf yang memiliki banyak lapisan tersembunyi.

Membangun sistem deteksi penipuan dengan lima lapisan tersembunyi dulunya adalah hal yang mustahil. Semua itu telah berubah dengan kekuatan komputer yang luar biasa dan data yang besar. Anda memerlukan banyak data untuk melatih model pembelajaran mendalam karena model tersebut belajar langsung dari data.

Kelima, AI mencapai akurasi luar biasa melalui jaringan saraf yang dalam.

Misalnya, interaksi Anda dengan Alexa dan Google semuanya didasarkan pada pembelajaran mendalam. Dan produk ini semakin akurat jika Anda sering menggunakannya.

Di bidang medis, teknik AI dari pembelajaran mendalam dan pengenalan objek kini dapat digunakan untuk menentukan kanker pada gambar medis dengan akurasi yang lebih baik.

Keenam, AI memanfaatkan data secara maksimal.

Saat algoritma belajar mandiri, data itu sendiri adalah aset. Jawabannya ada di data – Anda hanya perlu menerapkan AI untuk menemukannya. Karena peran data kini lebih penting dari sebelumnya, hal ini dapat menciptakan keunggulan kompetitif.

Jika Anda memiliki data terbaik dalam industri yang kompetitif, meskipun semua orang menerapkan teknik serupa, data terbaik akan menang. Namun menggunakan data tersebut untuk berinovasi secara bertanggung jawab membutuhkan AI yang dapat dipercaya. Artinya, sistem AI Anda harus etis, adil, dan berkelanjutan.

BACA JUGA:

Ini Bahaya Besar ChatGPT, Kecerdasan Buatan (AI) dari OpenAI

Apa itu AI (Kecerdasan Buatan)? Berkah atau Musibah Buat Manusia?

Perkenalkan Aitana, Model Cantik Kecerdasan Buatan (AI)

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image