Apa Itu ChatGPT, Kecerdasan Buatan (AI) yang Bikin Negara-Negara Takut?

Teknologi  
Layar ChatGPT, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang sudah bikin heboh.
Layar ChatGPT, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang sudah bikin heboh.

ChatGPT adalah chatbot AI yang dibuat oleh OpenAI. Platform kecerdasan buatan ini dapat digunakan secara gratis untuk mengotomatiskan tugas-tugas berbasis teks. Segala hal berkaitan dengan teks bisa dikerjakan dengan cepat oleh ChatGPT ini.

Chatbot berbasis bahasa alami ini digerakkan oleh teknologi AI yang disebut jaringan saraf. ChatGPT OpenAI dapat mengobrol dengan pengguna seperti manusia, dan menulis buku, esai, dan puisi.

Dengan menggunakan plugin pihak ketiga, GPT-4 LLM (Large Language Model) dan GPT-4V VLM (Visual Language Model) dapat menyelesaikan tugas yang kompleks dan multimodal menggunakan perangkat lunak favorit Anda! Itulah dasar-dasarnya. Tapi, apa itu ChatGPT?

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

OpenAI adalah firma riset AI yang didirikan bersama oleh CEO Sam Altman, Presiden Greg Brockman, dan Kepala Ilmuwan Ilya Sutskever pada tahun 2015.

ChatGPT OpenAI dirilis pada 30 November 2022. Sejak itu, ChatGPT menjadi chatbot AI favorit di dunia.

Kini ia juga merupakan kecerdasan buatan multimodal, dengan integrasi DALL-E 3 (Stylized DALL·E 3), model gambar AI yang mendukung “Pembaruan Visi” GPT-4V. Model gambar DALL-E yang sama juga mendukung Bing Image Creator.

Pada 1 Juli 2023, layanan ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna secara global, menjadikannya aplikasi tercepat dalam sejarah yang mencapai pencapaian tersebut.

Salah satu pendiri OpenAI, Sam Altman melalui Twitter mengumumkan bahwa layanan tersebut telah melampaui 1 juta pengguna hanya dalam 5 hari setelah peluncuran!

Hal hal ini belum pernah terjadi sebelumnya: chatbot telah menjadi alat AI pertama yang tersedia untuk umum yang telah menangkap imajinasi di seluruh dunia dan menarik perhatian saat meluncurkan fitur dan fungsi baru. Kekuatannya meskipun ada tantangan yang datang dari Google Bard, Bing yang didukung AI dari Microsoft, dan Claude 2 dari Anthropic.

Teknis Penggunaan ChatGPT

Pengguna sistem AI pada ChatGPT dapat mengajukan pertanyaan, seperti yang mereka lakukan pada mesin pencari seperti Google, atau meminta bot untuk menulis konten unik yang ditulis oleh AI, atau bahkan memformat ulang teks yang ada.

Chatbot memiliki model berbasis bahasa yang disempurnakan oleh pengembang (dengan bantuan umpan balik pengguna) untuk interaksi manusia. Model bahasa besar (LLM) yang digunakan OpenAI dapat menjawab semakin banyak pertanyaan dan membalas 'perintah' berdasarkan permintaan.

Sistem chatbot ChatGPT memberikan informasi dan tanggapan terhadap pertanyaan melalui AI. Versi ChatGPT yang populer menggunakan model bahasa 3.5 (sebelumnya GPT-3). Sementara itu, GTP-4 tersedia untuk pengguna ChatGPT Plus dan ChatGPT Enterprise dan akan tersedia sebagai API.

Popularitas ChatGPT telah menarik perhatian dari seluruh dunia, baik positif maupun negatif. Misalnya, Italia untuk sementara waktu melarang layanan tersebut karena kekhawatiran tentang perlindungan data pribadi pada bulan Maret 2023, tetapi kemudian mengizinkannya untuk diakses kembali.

Ada negara lain yang melarang ChatGPT. Namun, ini masih menjadi alat yang sangat populer dan mencatat rekor pertumbuhan pengguna.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image