AS dan Cina Ribut Beneran Gak Sih? Kok Perdagangan Keduanya Cetak Rekor Tertinggi

Uang  
Presiden Xi Jinping dan Presiden Joe Biden.
Presiden Xi Jinping dan Presiden Joe Biden.

Ini bisa dikatakan sebagai hubungan "benci tapi rindu". Benci karena kedua negara sering ribut dan konflik, rindu karena keduanya saling membutuhkan.

Begitulah hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Cina. Panasnya konflik Cina dan Amerika sudah berlangsung bertahun-tahun, menimbulkan friksi keras dan bahkan saling usir warga negara masing-masing.

Namun, itu semua tidak menghalangi gelombang besar hubungan ekonomi AS dan Cina. Sepanjang 2022, perdagangan AS-Tiongkok mencapai rekor tertinggi meskipun ketegangan meningkat dan hubungan diplomatik memburuk.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Impor dan ekspor antara kedua negara mencapai 690,6 miliar dolar AS pada 2022. Impor AS dari Cina meningkat menjadi 536,8 miliar dolar AS pada tahun lalu.

BBC melaporkan para pembeli Amerika membelanjakan lebih banyak uangnya untuk barang-barang buatan Cina, termasuk mainan dan ponsel. Pada periode yang sama, ekspor AS ke China meningkat menjadi 153,8 miliar dolar AS.

Peningkatan perdagangan antara kedua negara akibat dari meningkatnya biaya hidup. Data ini menunjukkan betapa bergantungnya AS dan China satu sama lain bahkan setelah bertahun-tahun konflik perdagangan di antara mereka.

Hubungan antara kedua negara telah mencapai titik terendah baru dalam beberapa hari terakhir setelah balon Cina melakukan perjalanan melintasi AS. Beijing membantah klaim AS bahwa itu digunakan untuk memata-matai.

Dua ekonomi terbesar dunia itu juga terlibat dalam perang dagang sejak 2018. Pada 2018, pemerintahan Donald Trump mulai meningkatkan langkah-langkah perdagangan melawan Beijing.

Setelah beberapa dekade atas meningkatnya impor China, Trump mulai mengenakan tarif pada barang-barang China senilai lebih dari 300 miliar dolar. Cina membalas dengan memberlakukan pungutan impor atas sekitar 100 miliar dolar AS barang-barang Amerika.

Sebagian besar dari tindakan tersebut tetap berlaku lebih dari dua tahun setelah Joe Biden menjadi presiden.

Bulan ini, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dijadwalkan mengunjungi China dalam apa yang dilihat sebagai pencairan hubungan antara kedua negara.

Diplomat top Amerika dijadwalkan mengunjungi Beijing dari 5 hingga 6 Februari untuk mengadakan pembicaraan tentang berbagai masalah, termasuk keamanan, Taiwan, dan Covid-19.

Namun, perjalanan itu tiba-tiba ditunda setelah ditemukannya balon pengintai China yang diduga melayang melintasi Amerika.

Pejabat China telah berulang kali mengatakan bahwa "pesawat itu untuk penggunaan sipil dan memasuki AS karena force majeure - itu benar-benar kecelakaan".

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image