Tantangan Serius Komisioner OJK Baru: Mau Dibawa Kemana OJK?

Uang  
OJK
OJK

Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2022-2027 dilantik pada 20 Juli 2022. Sejumlah tantangan internal dan eksternal sudah menunggu kepengurusan OJK dengan nakhoda Mahendra Siregar cs ini.

Dari eksternal, normalisasi ekonomi di Amerika dan negara-negara maju berdampak pada kenaikan inflasi dan suku bunga acuan. Aliran modal asing dari Indonesia dan emerging market pun kembali ke negara asal terutama Amerika Serikat.

Kondisi geopolitik akibat perang Rusia Ukraina juga memberikan pengaruh terhadap industri keuangan global. Global supply chain ikut terganggu.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dari internal, OJK menghadapi tantangan serius dari disrupsi teknologi berupa makin menguatnya digitalisasi. Efisiensi dan ekspansi pasar kini tak lepas dari digitalisasi layanan keuangan baik asuransi, perbankan, maupun layanan non-bank lainnya.

Penguatan konsolidasi kinerja industri keuangan nasional pun menjadi pekerjaan rumah OJK. Regulasi yang mendorong penguatan kinerja menjadi sangat penting terutama terkait dengan situasi pandemi yang masih berdampak pada ekonomi dan keuangan nasional.

Apa saja tantangan OJK lainnya di lima tahun ke depan? Yuk simak podcast Omdo dua jurnalis senior di link ini:

Berita Terkait

Image

Semua Bank akan Jadi Bank Digital, Bagaimana Nasib Bank Konvensional?

Image

Pengertian, Jenis, dan Fungsi Bank Digital

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Nulis, Makan, Minum, Sport

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image